Tak jarang kesehatan mental perempuan semakin memburuk ini dengan banyaknya pelecehan seksual yang terjadi. Trauma, syok, ketakutan hingga kecemasan berlebihan tak jarang dirasakan. Hal ini bahkan akan lebih ketika korban mengurung diri ataupun menarik diri dari pergaulan.

Yuk jaga kesehatan mental perempuan dengan cara ini

Berbicara tentang kesehatan tidak selalu tentang fisik semata, namun juga mental seseorang. Pasalnya, saat ini sangat banyak orang memiliki masalah mental yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Ironisnya, lebih rentan hal ini dialami oleh perempuan sehingga harus tahu bagaimana cara menjaga mental seperti:

  1. Tulis hal yang membuatmu bersyukur

Jika sedang merasa hidup sangat buruk, maka ambil kertas dan pulpen. Tuliskan apa-apa saja yang memberikan manfaat baik dalam hidup. Hal apa pun itu yang bisa meningkatkan untuk lebih bersyukur. Tentu sangat banyak, salah satunya masih diberi kesehatan sistem-sistem organ dalam tubuh.

2. Selalu berpikir positif

Berpikir positif harus diterapkan pada semua aspek kehidupan, bukan ketika bahagia saja. Pikiran positif memberikan pengaruh besar pada kesehatan mental wanita sekaligus fisik tubuh. Meskipun masalah yang dimiliki seluas gunung ataupun lautan, namun dengan berpikir positif akan ada hal kecil yang membuat kita merasakan lebih baik. Jadi, jangan hanya memandang rendah diri. Meskipun sekarang gagal, masih bisa mencoba lagi. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan.

3. Luangkan waktu istirahat

Meskipun sedang sibuk sekaligus banyak masalah, namun tetap luangkan waktu untuk istirahat hati, pikiran dan fisik. Meskipun istirahat hanya beberapa menit, namun hal ini baik untuk pikiran agar mental tetap terjaga. Bahkan meditasi ataupun evaluasi sangat penting dilakukan sambilan istirahat.

4. Konsumsi makanan sehat bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi baik untuk fisik dan mental. Alasannya, ketika nutrisi tercukupi maka otak pun bisa berpikir dengan baik, hal ini membantu dalam mengatasi gangguan mental pada perempuan. Hormon serotonin pun akan meningkat sehingga mood lebih baik. Jadi, ketika ada masalah jangan malas makan.

5. Tidur berkualitas

Meskipun terlihat sepele, faktanya tidur yang cukup memberikan mood yang baik untuk menjalani berbagai aktivitas. Bahkan tidur yang cukup membantu menemukan solusi lebih cepat untuk masalah yang sedang dihadapi. Tetapi memang banyak terjadi, jika seseorang ada masalah kemudian akan mengganggu jam tidur. Namun, usahakan sebisa mungkin jagalah kualitas tidur.

6. Saling Berbagi

Berbagi dengan banyak orang membuat pikiran lebih lega dan merasa nyaman. Bukan hanya sharing tentang masalah yang dihadapi, namun juga berbagi tentang berbagai benda. Seperti makanan ataupun pakaian untuk orang yang membutuhkan.

Sebenarnya banyak sekali yang bisa kita berikan, tetapi ingat jangan mengharapkan imbalan. Hal ini juga membuat seseorang bisa bersyukur atas hidupnya  dan bagus untuk kesehatan mental perempuan.

Oleh: temancurhat.com