Kesehatan mental saat pandemi sangat penting diperhatikan, sebab kondisi yang sekarang ini bukan hanya mengancam fisik saja, namun juga psikologi seseorang. Apalagi dianjurkan untuk tetap di rumah, physical distancing maka hal ini tentu membuat stres bagi seseorang yang lebih suka beraktivitas di alam terbuka.

Tips menjaga kesehatan mental saat pandemi Covid-19

Pandemi memberi dampak bagi kesehatan mental mulai dari stress, bosan, sulit fokus, kecemasan dan ketakutan berlebihan hingga memburuknya kondisi kesehatan. Nah, agar mental tetap baik-baik saja selama pandemi ini coba praktikkan tips berikut:

  1. Lakukan aktivitas fisik

Kegiatan fisik banyak contohnya seperti olahraga ringan, menyapu lantai ataupun kegiatan membersihkan rumah yang lainnya. Kegiatan fisik yang dilakukan bagus untuk tubuh sebab akan memproduksi hormon endorfin sehingga stres, khawatir dan mood bisa kembali membaik. Latihan pernapasan dan peregangan juga bagus untuk menenangkan diri dan terhindar dari gangguan mental saat pandemi.

2.Mulai Hidup Sehat

Berbagai kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan sebelum pandemi, maka sudah saatnya ketika lockdown semua kebiasaan buruk tersebut harus dibuang. Salah satunya merokok yang sangat sering dilakukan oleh kaum pria harus dihilangkan pelan-pelan. Mengingat sangat berbahaya rokok bahkan asapnya pun berbahaya. Kurangi konsumsi minuman beralkohol, mulailah perbanyak makan buah dan sayur.

3. Membuat daftar kegiatan

Saat lockdown, banyak sekali waktu untuk tetap berada di rumah. Agar tidak bosan, silakan buat daftar kegiatan apa saja yang ingin dilakukan. Selain membaca, menonton ataupun mendengarkan musik, olahraga merupakan hal yang sangat menyenangkan jika dilakukan di rumah. Kemudian agar lebih produktif, cobalah mendengar podcast ataupun menonton kisah-kisah orang sukses yang inspiratif.

4. Konsumsi makanan bergizi

Sudah disinggung di atas untuk mengonsumsi makanan bergizi, sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mental. Jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral dan air. Bisa diperoleh dari nasi, buah, sayur, susu, daging hingga kacang-kacangan.

5. Cerdas memilah informasi

Pengaruh pandemi pada kesehatan mental seperti stres berlebihan, maka mulailah batasi waktu untuk menonton, membaca dan mendengarkan berita tentang pandemi. Berkaitan dengan hal ini, bukan berarti harus menutup diri seratus persen. Pilihlah informasi dari sumber yang benar-benar bisa dipercaya  serta terima dengan bijak dan kritis.

6. Tetap jaga komunikasi

Terbiasa di rumah dan harus menjaga jarak bukan berarti memutuskan silaturahmi. Pasalnya saat ini dengan kecanggihan teknologi meskipun jarak membatasi tetapi silaturahmi tetap bisa berjalan. Caranya dengan memanfaatkan media sosial dengan fitur canggih seperti video call ataupun Google Meet.

Langkah ini  perlahan mengurangi ketakutan,  kekhawatiran dan rasa cemas berlebihan. Atau jika memang memiliki penyakit mental, silakan konsultasi secara rutin dengan dokter. Ikuti saran dokter dengan baik agar kesehatan mental saat pandemi tetap terjaga.

Oleh: temancurhat.com