Ciri teman curhat yang baik sangat penting untuk diketahui sebelum memulai curhat. Pasalnya tidak semua orang mampu ataupun sudi menjadi teman curhat yang baik untuk kamu. Salah memilih teman curhat  tidak akan mengurangi masalahmu. Sebaliknya kamu bisa merasa tertekan akibat respons ataupun sikap teman curhatmu. Nah, berikut ada 5 ciri seseorang bisa menjadi teman curhat yang baik.

Ini 5 ciri teman curhat yang baik

  1. Teman curhat membuatmu nyaman

Jika bercerita pada orang yang salah maka kamu akan merasa tertekan ataupun tidak nyaman. Sedangkan teman curhat yang baik membuatmu bisa bercerita dengan lancar dan lega. Keluhan apa pun bisa kamu keluarkan seolah tanpa beban. Hal ini boleh jadi karena kamu sudah terbiasa bercerita kepadanya ataupun kalian sudah menjadi sahabat yang saling mengerti.

  • Ikut bertindak menghiburmu

Saat kamu menceritakan masalahmu pada teman curhat yang baik maka selain memberikan saran, dia juga akan ikut melakukan untuk membantumu. Jadi, bukan hanya besar omong saja tetapi melepaskan dirimu sendiri menghadapi semua keresahan.

Teman curhat yang baik ikut mengambil andil menyelesaikan masalahmu salah satunya dengan mengajak jalan-jalan atau menghibur dengan cara lain. Juga tidak akan memintamu mencari kesempatan yang tidak berguna. Inilah pentingnya teman curhat dimana akan memberimu semangat agar tidak selamanya menangis karena masalahmu.

  • Menunjukkan gestur sederhana

Gestur sederhana yang diberikan secara tulus jauh lebih bermakna dibandingkan yang berlebihan. Teman curhat yang baik tidak akan memberikan tatapan bosan saat mendengar curhatmu juga tidak akan meremehkanmu. Salah satu satu gestur sederhana yang menunjukkan kepedulian yaitu dengan menepuk pundakmu agar kamu merasa kuat. Jadi, lawan bicara yang baik tahu bagaimana harus bersikap menghadapi orang yang sedang curhat.

  • Selalu memberikan solusi bermanfaat

Teman curhat yang baik memiliki segudang solusi yang bermanfaat dan memang sesuai untuk masalah yang sedang kamu hadapi. Saran yang diberikan selalu berguna, tidak sekedar menyuruhmu sabar saja. Solusi yang diberikan membuatmu kembali bersemangat dan bersedia menyelesaikan masalahmu dengan baik. Tentunya manfaat curhat dengan orang lain ini akan diperoleh saat curhat pada orang yang tepat.

  • Tidak Menghakimi atau Menyalahkan

Teman curhat yang baik juga tidak akan menyalahkanmu ataupun menghakimimu dengan semua keluh kesahmu. Bahkan sebaliknya, mereka bersedia membuatmu yakin untuk keluar dari masalahmu  bersamanya. Umumnya teman curhat seperti ini mempunyai pemikiran yang terbuka. Semua kalimat sebelum diucapkan akan dipertimbangkan kembali dengan baik. Tidak mudah mengklaim ataupun menyikapi masalah dengan satu sudut pandang.

Nah, jika kamu sedang ada masalah  apa pun itu jangan sungkan bicarakan dengan orang lain. Tetapi perlu diperhatikan bahwa orang kamu pilih memilih 5 sifat berikut sebagai ciri teman curhat yang baik.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]