Gangguan pola tidur erat hubungannya dengan kesehatan mental yang dialami oleh seseorang. Kurang tidur biasanya disebabkan karena kesibukan dan keharusan seseorang untuk tetap bekerja meskipun di malam hari. Namun jika hal ini dibiarkan terus menerus nyatanya bisa menjadi suatu hal yang serius dan membutuhkan penanganan khusus.

Info penting terkait gangguan pola tidur

  1. Pentingnya tidur untuk kesehatan

Tidur yang baik bukan hanya berpakem pada berapa jam orang tersebut harus memenuhinya kualitas baik yang didapatkan saat tidur. Tidur dibagi menjadi dua tipe secara umumnya, tipe-tipe ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda untuk kesehatan tubuh.

  • Tidur dengan gerakan mata cepat

Pada saat ini seseorang biasanya mengalami keadaan bermimpi serta erat kaitannya dengan pengaturan memori dan juga latihan pada kesehatan mental yang dimilikinya.

  • Tidur dengan gerakan mata lambat

Pada tidur yang seperti ini memiliki kelebihan untuk memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh.

2. Bagaimana pengaruh tidur terhadap psikologis seseorang?

Akibat gangguan pola tidur pada kesehatan mental sebagian besar terjadi pada pola olah perasaan yang berbeda dari biasanya. Orang-orang yang mengalami kekurangan tidur atau tidur yang tidak berkualitas umumnya akan mudah berubah mood dan juga tubuh yang selalu lelah.

Masalah ini jika terus-terusan terjadi akan bermasalah cukup serius pada kesehatan mental yang lebih buruk lagi. Seseorang akan mengalami kegelisahan tanpa sebab, depresi dan kecemasan yang lebih tinggi. Kurangnya tidur juga akan mengakibatkan seseorang selalu merasa bersalah, perilaku yang tidak wajar seperti agresif serta lebih menyukai kegiatan yang membahayakan diri sendiri.

3. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur

Waktu tidur yang cukup dibedakan sesuai dengan umur orang yang menjalaninya. Untuk umur di atas 18 tahun waktu yang dibutuhkan 7 sampai 9 jam setiap harinya sedangkan untuk umur di bawah 18 tahun membutuhkan tidur lebih panjang dengan waktu 10 sampai 13 jam setiap harinya. Semakin sedikit umur seseorang nyatanya semakin membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang.

4. Cara untuk pola tidur lebih sehat

Pola tidur sehat nyatanya bisa diolah mulai sejak dini untuk membiasakan kegiatan tidur yang lebih berkualitas agar tidak merusak kesehatan mental. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tidur lebih teratur:

  • Buatlah jadwal tidur yang teratur baik untuk memulai tidur dan jam waktu bangunnya. Pasang alarm untuk membuat jadwal Anda bisa tepat setiap harinya.
  • Gunakan alat untuk membuat Anda lebih nyaman memejamkan mata seperti mendengarkan musik, cerita maupun podcast sesuai dengan selera masing-masing agar lebih nyaman untuk memulai tidur.
  • Buatlah suasana kamar senyaman mungkin.
  • Kurangi konsumsi kafein saat sore hari.
  • Kurangi penggunaan smartphone sebelum tidur

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi gangguan pola tidur.

Oleh: temancurhat.com