Cara menjadi tempat curhat yang baik harus diketahui  bagi kamu yang ingin menjadi teman ataupun tempat curhat untuk orang lain. Boleh jadi untuk sahabatmu sendiri, untuk anggota keluarga ataupun untuk orang lain yang sedang membutuhkan.

Siapa pun yang memilihmu menjadi teman curhat itu karena dia percaya bahwa kamu bisa menjadi teman curhat yang baik. Jika saat ini kamu masih merasa belum atau bukan tempat curhat yang baik, berikut ada 4 cara yang bisa diikuti.

Ikuti 4 cara menjadi tempat curhat yang baik ini

1. Fokus mendengarkan

Pertama sekali yang dilakukan ketika menjadi teman curhat ialah mendengarkan orang yang curhat tersebut. Nah, fokuslah dalam mendengarkan meskipun saat itu kamu sudah sangat bosan dengan cerita yang disampaikan. Alih-alih memainkan gadget dan menganggap sepele masalah orang yang bercerita, lebih bagus tunda dulu apa pun yang bisa menggagalkan  fokusmu.

Tunjukkan bahwa kamu memang peduli pada orang yang sedang curhat tersebut. Inilah pentingnya curhat dengan orang yang tepat dimana teman curhat akan bersedia mendengarkan dengan serius.

2. Hindari menginterupsi pembicaraan

Coba bayangkan mungkin saja kamu pernah bercerita kepada seorang teman. Namun teman tersebut malah balik bercerita tentang dirinya. Tetapi ketika kamu berposisi sebagai teman curhat, jangan terapkan hal ini. Mengapa?

Karena orang yang curhat tadi ingin kamu mendengarkan serta memberi solusi ataupun masukan atas masalahnya, bukan malah sebaliknya. Berbeda halnya, jika subjek yang sedang curhat tersebut sudah selesai bercerita, maka silakan berikan masukan serta gambaran dari kisah yang mungkin sama.

3. Jangan melarang bersedih

Ketika seseorang sedang curhat dengan segudang masalah yang dirasa sangat berat, sudah tentu dia sendiri sedih. Maka kamu sebaiknya tidak melarang dia bersedih. Selain itu, juga jangan membandingkan hidupnya dengan hidup orang lain. Hal ini akan membuat orang yang curhat tersebut sulit meluapkan emosinya.

Karena sudah tertahan akibat kata jangan bersedih. Maka, biarkan saja ada rasa sedih ketika dia bercerita. Ini bersifat sementara sebab setelah selesai bercerita maka dia akan kembali baik-baik saja dan bahagia. Yang perlu dilakukan oleh teman curhat yang baik ialah mendengarkan dan memberi dukungan penuh termasuk saat sedang curhat online gratis.

4. Jangan mudah memberikan saran dan keputusan

Cara keempat sebagai teman curhat yang baik yaitu tidak boleh langsung memberi masukan ataupun membuat keputusan padahal subjek curhat tidak memintanya. Memang sangat mudah menyampaikan keputusan untuk kehidupan seseorang.

Namun jangan gegabah, sebab keputusan ataupun saran yang diberikan tidak sepenuhnya menjadi kabar baik bagi orang yang sedang dirundung masalah. Jadi, silakan pertimbangkan dulu dari berbagai sudut pandang. Selanjutnya, kamu boleh saja meminta izin jika ingin memberikan saran. Jangan lupa etika dan kesopanan.

Maka kesedihan dan kebahagiaan ialah dua hal yang memang dialami oleh umat manusia. Ketika ada masalah sebagian orang sangat membutuhkan orang lain untuk bercerita. Sangat sulit mendapatkan teman yang setia dan selalu mendukung, maka ikutilah 4 cara menjadi tempat curhat yang baik di atas.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]