Cara minta tolong saat sedang depresi harus diketahui meskipun saat ini kamu merasa baik-baik saja. Pasalnya tidak ada yang tahu besok masalah apa yang akan kamu alami. Apalagi saat ini banyak sekali ketidakseimbangan emosional dengan maraknya bullying hingga merasa insecure.

Memang benar kamu tidak boleh dengan mudahnya menganggap diri depresi. Namun ada beberapa gejala yang menandakan bahwa kamu depresi. Kemudian bagaimana cara minta tolongnya, coba ikuti langkah berikut.

Bagaimana cara minta tolong saat sedang depresi?

  1. Ketahui siapa yang tepat untuk dimintai pertolongan

Tidak semua orang di dunia ini adalah orang tepat untuk meminta pertolongan saat sedang depresi. Termasuk teman yang sering diajak hangout. Sebaiknya pilih orang yang bisa dipercaya seperti sahabat ataupun keluarga. Karena mereka yang sabar bahkan hingga berjam-jam mendengarkan keluh-kesah kamu. Bahkan Mereka tidak langsung menghakimi atas masalah yang menimpamu.

  • Berkomunikasi dengan orang lain

Adakalanya orang depresi tidak ingin keluar rumah bahkan keluar dari kamar saja tidak mau. Merasa lebih aman jika bersembunyi di dalam padahal jika berkomunikasi dengan orang lain maka akan merasa lebih baik. Usahakan berbicara dengan orang yang bisa dipercaya. Manfaat curhat dengan orang lain yang bisa kamu peroleh ialah mengetahui bahwa kamu tidak sendirian.

  • Kataka, “aku sedang butuh teman curhat”

Orang depresi terkadang ingin bercerita namun tidak tahu bagaimana memulainya. Mengutarakan emosi memang tidak semudah yang dibicarakan namun jika dipendam juga berakibat buruk untuk diri. Agar lebih mudah coba mulai dengan kata, “aku sedang butuh teman curhat.”

  • Tidak semua orang mengerti apa yang kamu inginkan

Ketika kamu bercerita tentang masalahmu, maka bisa saja lawan bicara menyarankanmu untuk sabar ataupun jangan berlebihan. Padahal kamu sendiri tidak ingin dibalas seperti itu. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang tahu bagaimana sikap yang tepat untuk menghadapi orang yang sedang depresi.

Namun bukan berarti mereka tidak peduli sebab sudah bersedia meluangkan banyak waktu mendengarkan ceritamu adalah bentuk kepedulian. Mereka juga mengerti keresahan yang kamu rasakan dan berusaha membantu, tetapi mungkin cara mengatasi depresi tidak sesuai ekspektasi kamu.

  • Ungkapkan perasaan melalui quotes

Saat ini banyak sekali quotes yang bertebaran di media sosial dimana kata-kata tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengungkapkan perasaanmu. Jangan merasa lemah hanya kamu meminta pertolongan orang lain. Kamu tidak sendirian dan hindari menganggap bahwa hanya kamu sendiri yang memiliki masalah berat.

Ada juga yang di luar sana mempunyai masalah yang lebih berat tetapi mereka tidak mengeluh. Mereka juga tidak takut dan tidak gengsi untuk minta pertolongan. Sebab dengan terbuka kepada orang lain, maka masalahmu akan lebih mudah diselesaikan. Jika kamu tidak bicara otomatis orang lain tidak tahu apa yang sedang kamu alami.

Jadi, setelah baca penjelasan di atas usahakan kamu bisa menjadi teman curhat untuk orang depresi. Begitu juga kamu jangan sungkan lakukan 5 cara minta tolong saat depresi seperti di atas.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]