Perilaku bullying atau perundungan merupakan suatu tindakan dimana seseorang disakiti dari segi fisik maupun mentalnya. Hal ini merupakan salah satu jenis ketimpangan sosial dimana pelaku akan selalu merasa puas akan hal yang sudah dilakukannya dan menganggap dirinya paling menang sementara korban akan terus terbayang hal ini seumur hidupnya.

Jenis dan dampak bullying

  1. Jenis-jenis perundungan yang perlu diketahui

Jenis bullying dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung tipe perundungan dan juga apa yang melukai korbannya seperti di bawah ini:

  • Verbal

Kegiatan yang dilakukan oleh pelakunya biasanya berhubungan dengan ujaran kebencian maupun mencela segala macam hal yang dilakukan oleh korban baik dari segi fisik maupun pencapaiannya. Contohnya seperti ejekan, kata-kata kasar dan labeling pada korban.

  • Physical

Pada kasus ini pelaku benar-benar menyakiti korbannya dalam bentuk fisik, biasanya dilakukan secara berkelompok untuk mengeroyok korbannya. Contohnya seperti memukul, menendang atau bahkan mendorong.

  • Prejudicial

Pada hal ini seseorang melakukan tindakan tidak mengenakkan pada korban dengan mengaitkan etnis, agama atau bahkan suku yang dimilikinya. Biasanya hal ini dilakukan pada minoritas di dalam kelompok tersebut. Contohnya seperti diskriminasi perbedaan kepercayaan, warna kulit dan cara berpakaian.

  • Relational Aggresion

Pada kasus ini pelaku melakukan perundungan dengan cara mengancam korbannya secara terus-menerus sampai korban benar-benar merasa terancam dan takut. Contohnya seperti mengasingkan suatu minoritas, fitnah dan desas-desus.

  • Sexual

Kasus ini erat hubungannya dengan suatu hal yang vulgar terhadap suatu bentuk tubuh seseorang atau bagian sensitifnya. Contohnya seperti panggilan seksualitas, cat calling dan komentar vulgar.

  • Cyberbullying

Pada hal ini seseorang melakukan kegiatan perundungan melalui online biasanya melalui kolom komentar maupun pesan lewat media sosial. Contohnya seperti berkata kasar dan menghakimi seseorang secara online.

2. Dampak Perundungan Terhadap Kesehatan Mental

Jika berbicara mengenai bullying dan kesehatan mental tentunya yang paling dirugikan adalah pihak korbannya. Pihak korban ini tidak hanya mendapatkan luka fisik namun traumatis yang jarang bisa disembuhkan dalam waktu yang cepat bahkan harus melewati banyak terapi yang menghabiskan biaya.

Sementara untuk pelakunya sendiri biasanya sudah mengidap kelainan mental seperti perasaan bahagia ketika orang lain mendapatkan kesusahan atau kesakitan. Dampak perundungan ini nyata dan akan mengganggu kelangsungan hidup korbannya.

Apa yang bisa dilakukan agar tidak terjadi?

  • Jangan ikut menyebarkan suatu berita yang belum tentu tingkat kebenarannya.
  • Jangan ikut terlibat atau melihat adegan yang berbau perundungan.
  • Tawarkan bantuan pada orang-orang yang terlihat membutuhkannya.
  • Temani orang yang selama ini selalu sendirian.
  • Berani bertindak tegas, baik menegur atau melaporkan hal-hal yang tidak sepantasnya.
  • Berceritalah pada orang yang paham. Untuk taraf sekolah berceritalah pada guru atau orang tua agar kasus ini tidak menjadi lebih serius.

Itulah beberapa hal terkait bullying yang perlu diketahui terutama apa yang bisa dilakukan jika hal tersebut terjadi di tengah-tengah kita atau bahkan mengalami sendiri.

Oleh: temancurhat.com