Kecanduan jejaring sosial saat ini nyatanya marak terjadi mengingat era teknologi yang semakin maju adanya. Penggunaan yang tidak dibatasi dan dilakukan terus menerus akan menimbulkan suatu hal yang buruk untuk psikologi seseorang. 

Tanda seseorang telah kecanduan jejaring sosial

Ada beberapa ciri yang bisa dijadikan patokan ketika seseorang telah mengalami gangguan yang satu ini sebagai berikut ini:

  • Memiliki harapan yang susah untuk direalitiskan dengan kenyataannya
  • Kecanduan media sosial juga bisa dicirikan dengan penggunaan media sosial yang berlebihan.
  • Memiliki perbandingan yang cukup konstan
  • Pola tidur yang berganti menjadi tidak sehat
  • Risau ketika tidak mampu mengakses jaringan sosial
  • Terkena dampak perundungan (bullying) online atau bahkan melakukannya

Cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kecanduan ini

Dampaknya memang cukup serius meskipun banyak orang yang masih meremehkannya. Media sosial yang dengan mudah diakses nyatanya mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi seseorang yang merasa kehidupannya di dunia nyata kurang bahagia. Kepuasan inilah yang terus menerus dicari dan berakibat pada kecanduan yang berkepanjangan dan perlu dibatasi.

Berikut merupakan kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk menjadikan media sosial tetap dalam tahap kebermanfaatnya:

  • Lakukan Detoksifikasi

Detok memang hubungannya dengan racun yang dikeluarkan dari tubuh. Sesuai dengan namanya kegiatan ini dimaksudkan untuk menghilangkan racun-racun yang didapatkan selama penggunaan media sosial yang terus menerus. Cara yang bisa dilakukan adalah memberikan jadwal dan batasan jam dimana Anda harus mengakses sosial media dan kapan harus berhubungan dengan orang yang ada dalam dunia nyata.

Dampak medsos pada kesehatan mental bisa berupa racun yang berlebihan dari media sosial tersebut. Berikan batasan yang signifikan terkait kapan waktu untuk online dan kapan waktu yang harus dilakukan untuk offline. Jumlah jam yang digunakan tidak harus dipangkas secara banyak namun bertahap dan signifikan.

  • Batasi Waktu

Jika saat ini Anda melakukan kegiatan bermain jejaring sosial secara terus menerus sepanjang hari maka yang harus dilakukan adalah membatasi waktu penggunaannya. Jangan sampai seharian penuh bermain media sosial namun mulailah dengan memangkas waktunya separuh dari biasanya sampai benar-benar terkendali dengan baik.

  • Olah Perasaan

Cobalah untuk mengolah perasaan pada diri Anda ketika menggunakan media sosial ini dan rasakan dampak apa yang sebenarnya terjadi pada diri Anda. Apa yang Anda dapatkan saat mengakses media sosial ini jika hanya perasaan yang iri, dengki bahkan sedih berarti Anda sudah berada dalam tahapan akut dan salah dalam penggunaannya.

Untuk itu mulailah dengan mengalihkan sumber-sumber yang Anda akses setiap harinya dengan akun lain yang lebih bermanfaat. Akun yang dimaksud bisa berupa tips memasak atau belajar bahasa baru. Namun hal ini harus diimbangi dengan praktik secara langsung.

  • Hubungan media sosial dan kenyataan

Ingatlah tidak semua hal indah dalam media sosial adalah kenyataan. Tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi pada keluarga yang berfoto ceria pada media sosial dengan kenyataannya. Begitu pula dengan sebaliknya.

Itulah beberapa hal terkait kecanduan jejaring sosial dan cara untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat.

Oleh: temancurhat.com