Kesehatan mental dan fisik ialah kesehatan yang sangat dibutuhkan tubuh. Pasalnya, jika sehat fisik namun mental terganggu maka juga bisa memberikan masalah dalam hidup. Keduanya harus sehat, bukan salah satu saja.

Mental yang sehat mendukung fisik yang lebih sehat sebab beban pikiran mempengaruhi fisik yang awalnya sehat kemudian menjadi rentan. Namun, hal ini juga bisa berlaku sebaliknya. Lalu bagaimana cara jaga kesehatan mental plus fisik? Simak di bawah ini.

Beberapa tips menjaga kesehatan mental dan fisik

  1. Selalu Berpikir Positif

Mengapa harus selalu berpikir positif? Karena meskipun masalah selalu datang tetapi dengan berpikir positif akan lebih mudah menjalani hidup yang bahagia. Memang tidak semudah yang dibayangkan, namun jika berhasil akan menjadikan pribadi yang lebih bersyukur. Jadi, meskipun ada masalah cobalah untuk melihat sisi positifnya sehingga mental dan fisik selalu dalam keadaan sehat.

Selain itu, jangan bandingkan hidup sendiri dengan kehidupan orang lain. Jika hal ini dilakukan maka akan sulit sekali bersyukur sebab selalu berpikir negatif atas kehidupan sendiri sehingga kesehatan mental dan penyakit bisa muncul kapan saja.

2. Konsumsi makanan bergizi

Jika sedang ada masalah memang hal yang wajar menimbulkan rasa cemas ataupun khawatir hingga malas makan. Padahal dengan malas makan kondisi kesehatan akan memburuk, masalah tak bisa diselesaikan sehingga akan muncul masalah baru. Cobalah tetap menjaga pola makan sehat yang penuh nutrisi serta gizi seimbang. Nutrisi yang masuk ke tubuh memudahkan mencari solusi masalah.

3. Jangan lupakan hobi

Meskipun saat ini sedang pandemi, bagi sebagian orang memang tidak bisa melakukan apa yang disukai dengan mudah. Misalnya yang hobi naik gunung atau hobi main-main ke pantai. Meskipun begitu masih banyak hal positif lain yang bisa dilakukan selama di rumah. Sedangkan untuk yang hobi membaca, mendengarkan musik atau hobi lainnya yang bisa dilakukan di rumah, terulah tekuni hobi. Umumnya hal ini bisa mengurangi penyakit dan gangguan mental karena melakukan hal-hal yang disukai.

Setiap orang jelas memiliki hobi yang berbeda-beda. Tetapi sangat penting untuk merawat diri dan menghargai diri dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan yang disukai. Suasana hati yang buruk menjadi lebih baik dimana hal ini ikut berperan dalam kesehatan mental.

4. Rajin lakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik banyak macamnya selain berolahraga saja. Seperti berkebun, membersihkan rumah, merapikan kamar tidur ataupun merapikan pustaka pribadi. Seseorang yang aktif secara fisik bukan saja baik untuk tubuh namun juga baik untuk mental.

Makanya, jangan malas melakukan apa pun kegiatan fisik sehingga sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur.  Jadi, kesehatan mental dan fisik keduanya adalah hal yang penting harus dijaga untuk semua kalangan baik perempuan maupun laki-laki.

Oleh: temancurhat.com