Fase depresi merupakan tahapan-tahapan yang dilalui oleh seseorang ketika merasakan salah satu masalah kesehatan mental tersebut. Depresi sendiri memiliki gejala yang dapat terlihat secara jelas seiring berjalannya waktu.

Gejala biasanya diawali dengan perasaan sedih yang terlalu dalam hingga mengurung diri. Selain gejala, depresi juga memiliki berbagai tahapan yang akan dilalui oleh penderitanya, berikut beberapa fase depresi.

5 Fase Depresi yang Dilalui Oleh Penderita

  1. Denial atau Penolakan

Pada masa ini, seseorang yang terdiagnosa depresi akan bertanya-tanya mengapa ini semua harus terjadi padanya. Bahkan seseorang sering kali menolak atau menyangkal bila terkena depresi. Padahal depresi bukanlah suatu hal yang harus ditakuti, depresi dapat terjadi pada siapa pun. Merasa keheranan atau tidak terima boleh saja, tapi jangan sampai menyangkal terus menerus dan membiarkan depresi tidak tertangani.

  1. Merasa Marah

Fase depresi akut berikutnya yang dirasakan oleh penderita ialah mudah untuk merasa marah. Bila depresi tidak segera tertangani, hal tersebut tentunya akan semakin memengaruhi suasana hati dan pikiran.

Tekanan stres yang dirasa dapat memicu pikiran-pikiran negatif sehingga suasana hati akan jadi lebih sensitif. Anda akan mudah untuk marah, tersinggung dan benci terhadap suatu hal. Kemudian lama-kelamaan perasaan tersebut akan membuat semakin terpuruk dan menyalahkan diri sendiri dengan berlebihan.

  1. Mulai Menghadapi Kesedihan

Pada fase ini penderita mulai menghadapi kesedihannya. Namun dalam tahapan ini penderita belum ada rasa untuk menerima, mereka akan mulai berandai-andai mengenai permasalahan yang dihadapi. Di tahapan ini penderita akan semakin larut dan terpuruk dalam kesedihan. Dengan semakin terpuruknya penderita, mereka akan mudah merasa untuk tidak pantas dicintai atau dihargai.

Dalam tahap ini akan mudah bagi penderita berpikiran negatif dan membuat kondisi semakin down. Namun apabila dalam tahap ini penderita mampu untuk mengendalikan dan berpikir secara positif, depresi akan lebih mudah untuk diatasi.

  1. Depresi

Setelah melalui beberapa fase depresi sebelumnya, kemungkinan buruk yang didapat ialah tingkat stres semakin tinggi. Dengan tingkat stres yang semakin tinggi, penderita akan terjebak ke dalam pikirannya dan memilih untuk mengurung diri.

Pada fase ini, cobalah untuk menceritakan masalah yang dihadapi pada seseorang. Bila tidak tahu harus berbicara dengan siapa, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Dengan bercerita setidaknya beban yang dirasa akan sedikit berkurang dan bisa mendapatkan solusi.

  1. Menerima

Bila sudah mampu untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi kepada seseorang. Berarti hal tersebut menandakan bahwa Anda sudah berhasil untuk mencapai fase acceptance. Fase ini sebenarnya bisa datang kapan saja di antara tahapan sebelumnya. Namun untuk mencapai fase ini, dibutuhkan pikiran yang positif dan usaha ingin sembuh.

Itu dia fase depresi yang biasanya dilalui oleh penderita. Agar tidak terlalu lama merasakan depresi, cobalah untuk berbagi cerita dengan orang lain atau jasa profesional.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]