Penyebab depresi pada remaja bisa dikarenakan oleh banyak hal, bisa melalui pergaulan, lingkungan maupun tekanan dari orang tua. Selain itu emosi pada remaja juga masih terbilang labil itulah yang mengakibatkan tingkat depresi pada remaja juga semakin meningkat.

Bila depresi tersebut tidak ditangani dengan baik tentunya hal tersebut akan memengaruhi perilaku remaja untuk menuju ke hal yang negatif. Berikut ini ulasan mengenai penyebab adanya depresi pada remaja yang perlu diketahui.

6 Hal Yang Bisa Menjadi Penyebab Depresi pada Remaja

  1. Trauma saat Kecil

Traumatis pada saat masa kecil tentunya tidak boleh disepelekan. Hal tersebut dikarenakan memori traumatis akan tersimpan dan terbawa saat anak tumbuh dewasa. Kemudian saat anak sudah tumbuh menjadi remaja, ia akan mudah depresi. Hal yang membuat trauma pada masa kecil bisa dikarenakan pelecehan fisik, kekerasan dan lainnya.

  1. Stres di Sekolah

Ekspektasi yang tinggi dari orang tua pada bidang akademis bisa menjadi salah satu penyebab depresi pada remaja tertinggi. Apalagi bila kehidupan di sekolahnya juga tidak sehat, banyak teman-teman yang tidak mendukung bahkan membulli.

Remaja yang mengalami hal tersebut akan memiliki tingkat stres yang tinggi karena banyak tekanan. Remaja yang mengalami depresi di masa sekolah biasanya seringkali melamun, takut, menangis diam-diam dan memiliki prestasi yang semakin menurun.

  1. Pertengkaran Orang Tua

Pertengkaran orang tua tentunya akan memengaruhi psikologis anak. Apalagi bila pertengkaran tersebut disaksikan secara langsung, tekanan juga akan dirasakan dan menyebabkan pikiran menjadi stres.

Ketika pikiran mengalami stres yang berat, hal tersebut tentunya akan berakhir pada depresi. Selain itu dengan melihat pertengkaran orang tua yang secara terus menerus juga dapat membuat anak akan mengalami trauma terhadap pernikahan ketika dewasa.

  1. Pengaruh Media Sosial

Media sosial merupakan platform terbesar yang mana digunakan oleh remaja untuk mengembangkan diri, mencari teman dan meningkatkan popularitas. Namun penggunaan media sosial sering kali tidak sehat, adanya cyberbullying juga dapat membuat remaja rentan untuk terkena depresi. Banyaknya komentar yang buruk yang didapat tentunya akan membuat remaja muncul rasa malu dan stres.

  1. Hubungan Percintaan

Penyebab depresi pada remaja perempuan biasanya disebabkan karena hubungan percintaan. Percintaan pada masa remaja memang terlihat menggemaskan dan manis. Namun dikarenakan emosinya yang masih labil, saat menghadapi patah hati remaja akan lebih merasa sedih dan hampa. Dengan adanya perasaan sedih yang terlalu mendalam tentunya akan membuat remaja mudah untuk mengalami depresi.

  1. Genetik

Remaja yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat depresi juga dapat menjadi salah satu penyebab remaja rentan untuk mengalami depresi. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor turunan atau genetik. Para peneliti juga menyebutkan bahwa orang tua yang depresi dapat menurunkan tingkat stres sekitar 3 kali lipat lebih tinggi kepada anak.

Itu dia beberapa penyebab depresi pada remaja. Bila Anda sedang mengalami atau mengetahui adanya teman yang sedang depresi cobalah untuk membantunya atau anjurkan untuk berkonsultasi ke ahlinya.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]