Apakah kamu tahu kalau ternyata tidak curhat bisa jadi masalah? Apalagi jika semua hal kamu pendam sendiri terus menerus. Padahal salah satu alasan curhat itu pentingkarena bisa membantu kita untuk mengurangi rasa stres.

Stres tersebut bisa muncul karena kita memiliki beban masalah yang selalu kita tanggung sendiri. Selain itu kebiasaan kita yang selalu memendam perasaan dan jarang bercerita pada orang lain juga bisa menjadi salah satu penyebab stres tersebut timbul.

Hati-hati tidak curhat bisa jadi masalah

Kebanyakan orang yang sering memendam masalahnya sendiri dapat beresiko menjadi stres hingga merasa depresi. Hal ini tidak hanya dapat berpengaruh pada kesehatan mental, namun juga fisik. Ada saja orang yang terlalu lama memendam stresnya jadi tidak bisa tidur sampai kurang nafsu makan. Jika ini berlarut-larut maka jelas tidak baik bagi tubuh.

Melakukan curhat atau bercerita pada orang lain bisa terjadi ketika kita sedang menghadapi suatu masalah. Dengan melakukan curhat, setidaknya kita bisa mengeluarkan isi pikiran kita dan mengurangi beban pikiran.

Baik pria maupun wanita, melakukan curhat memang hal yang diperlukan. Untuk melakukan curhat sendiri, kita juga tidak perlu menunggu permasalahan tersebut menjadi besar atau yang sulit. Kita bisa bercerita mengenai permasalahan apa saja yang bisa menjadi salah satu penyebab kita terbebani. Misalnya seperti masalah dengan keluarga, masalah pekerjaan, ekonomi atau permasalahan lingkungan sekitar dan lainnya.

Curhat berarti bercerita pada orang lain mengenai masalah hingga rahasia kita. Oleh karena itu, curhat juga tidak bisa dilakukan pada semua orang. Akan lebih baik jika kita memilih teman curhat terbaik dan bisa kita percaya seperti teman dekat atau keluarga atau bahkan layanan curhat online seperti TemanCurhat.com. Tujuannya agar selain masalah yang kita hadapi bisa sedikit meringankan beban, kita juga merasa nyaman dan lebih baik ketika selesai melakukan curhat pada orang tersebut.

Tidak semua jenis curhatan harus ditanggapi dengan bentuk solusi atau jalan keluar. Adakalanya kita memang ingin melakukan curhat hanya karena ingin didengar saja. Akan tetapi jika kamu merasa permasalahan yang kamu hadapi cukup serius, akan lebih baik jika kamu melakukan curhat pada orang yang berkompeten dibidangnya seperti psikolog agar mendapatkan solusi yang tepat.

Alasan curhat itu penting untuk diri kita

Manfaat curhat yang utama yaitu membantu mengurangi tingkat stres kita karena terlalu lama memendam permasalahan. Sering kali curhat memang memberikan manfaat yang bagus ketika seseorang sedang dalam kondisi yang kurang baik secara emosional.

Ketika kita sedang dalam keadaan yang emosional seperti mudah marah atau sedih, curhat bisa menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan emosi tersebut. Itulah mengapa manfaat curhat cukup berpengaruh secara emosional dan tidak curhat bisa jadi masalah.

Saat ini, dimana kemudahan untuk melakukan akses secara digital semakin mudah dan cepat, curhat secara online melalui gadget juga banyak dilakukan. Salah satunya melalui layanan curhat online yang walau masih jarang di Indonesia, namun memberikan banyak manfaat.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]