Seseorang pada umumnya sering mengalami gangguan makan. Tampaknya gangguan yang satu ini berdampak tidak baik untuk kesehatannya. Untuk itu pentingnya mengenal lebih dalam mengenai gangguan ini untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Gangguan pada cara makan ini merupakan suatu gangguan dimana seseorang mengubah secara drastis asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Buruknya perubahan perilaku ini tidak diimbangi dengan adanya latihan fisik maupun gizi dalam bentuk lain agar tubuh tetap kokoh menopang badan. Gangguan ini memiliki beberapa jenis yang perlu diketahui sehingga bisa diberikan solusi yang tepat.

Jenis gangguan makan

  1. Bulimia nervosa

Gangguan makan pada remaja yang satu ini memiliki gejala dimana seseorang makan dengan porsi banyak tidak seperti biasanya dan dilakukan berkali-kali. Namun disertai dengan kegiatan memuntahkan makanan, puasa yang tidak terarah dan juga memakai obat pembersih perut agar semua makanannya keluar dari pencernaannya. Perilaku ini biasanya dialami oleh seseorang yang ingin makan banyak namun disertai rasa bersalah kemudian.

Tentunya hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan terutama penggunaan obat pencahar yang berlebihan juga akan memberikan efek samping yang serius. Pengidapnya biasanya terobsesi dengan bentuk tubuh yang ideal dengan timbangan yang pas.

2. Anoreksia nervosa

Untuk gangguan ini biasanya penderita mengalami ketakutan yang berlebihan mengenai berat badan yang bertambah. Ada dua jenis Anoreksia yang perlu dipahami dengan benar.

  • Pembatasan

Pada hal ini penderita benar-benar membatasi apa yang dimakannya dengan ekstrem dan juga perilaku latihan fisik yang berlebihan.

  • Penambahan

Pada kasus ini penderita akan membatasi dan juga menambah makanan yang dimakannya namun selanjutnya diikuti dengan kegiatan memuntahkan dan memakai obat pencahar untuk mengeluarkan semua makanan yang dimakannya.

3. Gangguan makan berlebihan

Gangguan makan psikologi berikutnya adalah ketika seseorang makan dengan porsi yang tidak seperti biasanya. Pada hal ini penderita akan mengalami perilaku makan dengan porsi yang sangat banyak dalam waktu dua jam. Fase ini bertahan dari seminggu sampai beberapa bulan. Tentunya meskipun terkesan tidak menyeramkan hal ini akan memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Mengenal pengobatan kebiasaan makan

Alternatif pengobatan yang bisa dilakukan:

  • Konsultasi dengan ahlinya yaitu Psikolog untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri seseorang. Orang yang mengalami gangguan makan ini biasanya terjadi karena kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya.
  • Dukungan keluarga yang penuh.
  • Pengembalian nutrisi pada tubuh secara bertahap agar tidak terjadi penyakit kronis yang membahayakan.
  • Edukasi yang baik dengan ahli gizi untuk memberikan solusi terbaik bagi penderita ini.
  • Jika sudah akut bisa meminta tolong psikiater untuk memberikan obat antidepresan.

Itulah beberapa jenis gangguan makan lengkap dengan cara pengobatannya agar tidak semakin parah.

Oleh: temencurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]