Depresi pada remaja pada umumnya dipicu oleh beberapa faktor yaitu lingkungan, traumatis, perubahan hormon dan lainnya.  Penderita dengan gejala depresi biasanya memiliki suasana hati yang tidak menentu dan memiliki pikiran yang kalut.

Namun kebanyakan orang-orang tidak menyadari adanya depresi tersebut dan menyepelekan perasaan tersebut. Padahal bila tidak ditangani dengan baik, tentunya penderita akan semakin lemah dan tidak tertarik dalam menjalani hidup. Agar depresi dapat tertangani dengan baik, mari kenali lebih dulu tanda-tanda depresi.

Tanda Depresi Pada Remaja Yang Harus Diwaspadai

  1. Perubahan Berat Badan

Gejala depresi yang dirasakan pada remaja yang sering terlihat ialah perubahan berat badan. Remaja yang mengalami depresi umumnya akan kehilangan atau bertambahnya nafsu makan. Oleh sebab itu dengan adanya nafsu makan yang hilang atau meningkat juga akan memengaruhi adanya berat badan yang semakin menurun atau bertambah.

  1. Kehilangan Minat

Remaja yang mengalami depresi umumnya akan merasa sedih yang terlalu mendalam sehingga malas untuk melakukan hal apa pun. Bahkan untuk melakukan hal yang disukai seperti bermain game, menonton film atau hangout dengan teman mereka akan merasa tidak berminat. Dengan hilangnya minat untuk melakukan hal yang disukai tentunya akan membuat diri semakin terkungkung dalam kesedihan.

  1. Kualitas Tidur Terganggu

Tanda depresi pada remaja berikutnya ialah terganggunya kualitas tidur. Remaja yang mengalami depresi bisa merasa kesulitan untuk tidur karena terlalu banyak tekanan pada pikirannya.

Terkadang penderita pun juga sering mengalami mimpi buruk, dengan adanya mimpi buruk kualitas tidurnya tentu akan terganggu. Selain kesulitan tidur, remaja yang terkena depresi juga bisa merasa kelelahan setiap waktu dengan begitu ia akan merasa mengantuk di sepanjang waktunya.

  1. Sulit untuk Konsentrasi

Remaja yang sedang depresi tentunya akan merasa sulit untuk konsentrasi. Hal tersebut disebabkan banyak hal negatif yang dipikirkan. Selain itu kualitas tidur dan pola makan yang tidak baik juga sangat memengaruhi kesehatannya. Sehingga tubuh jadi susah untuk diajak fokus. Dengan sulitnya konsentrasi tersebut juga bisa membuat prestasi di sekolahnya ikut menurun.

  1. Merasa Hampa

Remaja yang depresi akan cenderung merasa hampa dan putus asa. Gejala depresi pada remaja tersebut biasanya disebabkan oleh suasana hati yang terlalu sedih akibat pengalaman buruk yang dirasakan. Pengalaman tersebut tentunya bisa dari lingkungan sekitar, tekanan yang terlalu banyak dan lainnya.

  1. Menyalahkan Diri Sendiri

Ketika depresi sudah menyelimuti, pikiran tak akan jauh dari hal-hal negatif. Hal-hal negatif itulah yang menyebabkan penderita memiliki perasaan bersalah yang berlebih. Dengan perasaan bersalah tersebut penderita akan semakin menyalahkan diri sendiri dan berujung menyakiti diri sendiri.

Bila Anda merasakan beberapa hal yang sama dengan tanda depresi pada remaja tersebut, cobalah untuk berbagi kesedihan kepada orang di sekitar yang bisa dipercaya. Namun apabila orang sekitar tidak bisa membantu dan depresi semakin meningkat, ada baiknya untuk segera berkonsultasi bersama ahlinya.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]