5/5 (1)

Curhat merupakan suatu cara yang dilakukan seseorang untuk membagikan masalah dengan harapan menemukan orang yang bisa mendengarkan atau memberikan solusi dengan baik. Nyatanya ada beberapa tips cara curhat yang benar agar proses curhat bisa berjalan lancar dan orang yang curhat bisa cukup lega setelah melakukannya.

Tips cara curhat yang benar ke orang lain agar mudah tersampaikan

  1. Ceritakan garis besarnya saja

Tidak dipungkiri jika permasalahan manusia memang cukuplah rumit, namun ketika sedang melakukan curhat dengan teman lebih baik tidak menceritakan semuanya terlebih jika memang cukup panjang dan rumit. Ceritakan saja garis besar masalah yang kamu alami sehingga teman atau sahabat itu bisa memikirkan solusinya dengan cepat.

Cerita yang terlalu panjang justru akan membuat seseorang menjadi bingung harus memberikan saran dan masukan dari mana. Sementara jika cerita yang diberikan cukup padat dan rinci justru akan dengan mudah diterima oleh sahabatmu.

2. Ceritakan pada teman maupun sahabat

Ada yang merasa nyaman bercerita dengan keluarga namun ada pula yang lebih nyaman bercerita dengan sahabat maupun teman. Bahkan saat ini seseorang bisa dengan mudah bercengkerama dengan teman curhat online. Tentu saja hal ini semakin memudahkan seseorang untuk menjalin pertemanan tanpa batas.

Orang yang dituju tersebut tentunya dipilih karena telah banyak dipercaya mampu memberikan solusi yang tepat tanpa menambah masalah yang baru. Terlebih jika memang pembawaannya nyaman dalam memberi masukan dan juga pendengar yang cukup sabar.

3. Jangan ceritakan masalah yang cukup rahasia

Memiliki masalah dengan keluarga memang cukup rumit namun untuk masalah yang cukup pribadi ini lebih baik jangan diceritakan pada orang lain. Selain akan membawa dampak buruk dan membongkar aib sendiri nyatanya yang lebih tahu mengenai keluargamu adalah kamu sendiri dimana orang lain hanya melihat dari sisi luarnya saja.

Tidak semua orang bisa dijadikan sandaran dalam curhat terlebih jika orang tersebut belum kamu kenal cukup lama. Kamu harus berpikir ulang untuk menceritakan bagian mana saja yang boleh diceritakan dan bagian lain yang terlalu pribadi.

4. Jangan asal curhat

Banyak orang yang menyepelekan tempat dimana mereka menceritakan permasalahannya. Padahal yang perlu diketahui dalam curhat sendiri memanglah harus dengan orang-orang yang telah terpercaya. Hindari menceritakan masalah dengan orang-orang yang justru menjerumuskanmu.

Apalagi jika memilih tempat curhat online tentunya harus lebih pandai memfilter orang-orang yang memang sudah kamu kenal cukup baik. Jangan menebar aib sendiri pada orang-orang yang memiliki niat buruk terhadapmu.

5. Pergilah ke psikolog

Ketika permasalahan yang dihadapi sudah cukup rumit dan bingung harus menceritakan pada siapa. Saran yang paling tepat adalah menemui seorang psikolog untuk meluapkan semua beban yang dimiliki. Psikolog akan memberikan saran dan masukan yang lebih tepat lengkap dengan terapi pada psikismu yang mungkin mengalami traumatis.

Selain tips cara curhat yang benar di atas, kalau kamu tidak punya tempat curhat yang baik maka kamu bisa curhat online. Contohnya di Teman Curhat, tempat curhat yang nyaman serta aman sebab rahasiamu akan terjaga.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]