Tips menjadi teman curhat yang baik memang sangat dibutuhkan untuk Anda yang merasa sering dijadikan tempat curhat. Ketika ada teman atau seseorang yang dengan mudahnya bercerita pada kita, terkadang kita bingung bagaimana cara untuk meresponsnya. Namun kuncinya hanya satu, yaitu mendengarkan.

Usahakan untuk menjadi pendengar yang baik untuk setiap masalah dari teman kita. Tujuannya sudah pasti agar mereka nyaman ketika mencurahkan isi hatinya. Lalu bagaimana caranya untuk menjadi teman curhat dan juga pendengar yang baik. Berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan.

Tips menjadi teman curhat yang baik untuk teman Anda

  1. Tetap menjaga eye-contact dengan teman Anda

Ketika ada teman yang bercerita, selain mendengarkannya dengan baik, kamu juga harus memasang pikiran dan juga perhatian untuk orang tersebut. Tunjukkan bahwa kamu memang sedang menunjukkan keseriusan dari curhatan seseorang itu.

Caranya dengan selalu menjaga kontak mata. Menjaga kontak mata, akan membuatnya merasa diperhatikan dan juga dihargai. Hindari juga untuk memotong atau menyela pembicaraannya. Dengan begitu temanmu juga akan merasa nyaman ketika bercerita denganmu. Tunjukkan bahwa kamu antusias dan peduli dengan masalah yang dihadapinya.

2. Jauhkan dari handphone

Cara menjadi teman curhat yang baik selain selalu memperhatikannya melalui kontak mata adalah menghindari adanya distraksi. Salah satunya distraksi dari handphone. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar ada disisinya ketika ia bercerita.

Caranya dengan usahakan menjauhkan handphone dari jangkauanmu. Hal ini karena handphone juga bisa menjadi distraksi atau gangguan ketika teman mu bercerita.

3. Tanyakan jika ada poin yang kurang jelas

Ketika seseorang bercerita kepada kita, merupakan hal yang wajar jika ketika ditengah-tengah kita merasa bingung atau tidak paham dengan beberapa poin dari masalahnya. Kamu bisa menanyakan hal tersebut padanya.

Tanyakan beberapa poin yang kamu rasa kurang paham dengan bahasa yang baik. Hal ini akan jauh lebih baik daripada kamu menebak-nebak sendiri. Selain itu, teman mu juga akan merasa diperhatikan dengan baik.

4. Berbagi pengalaman dan tidak menghakimi

Kebanyakan orang ketika mendengarkan cerita orang lain yang hampir mirip bahkan sama dengan yang pernah kita alami adalah secara langsung menceritakan pengalaman dan cara kita menghadapinya. Padahal hal tersebut kurang tepat.

Salah satu manfaat curhat dengan teman adalah beban masalah yang dihadapinya bisa sedikit berkurang dengan cara didengar. Jadi hindari untuk menginterupsi curhatannya dengan berbagi pengalamanmu.

Jika teman kita meminta saran, maka kita bisa memberikan saran sesuai kapasitas yang kita bisa. Hindari juga untuk menghakimi masalahnya. Masalah setiap orang dan cara mengatasinya sudah pasti berbeda-beda. Kamu tidak bisa membandingkan masalahmu dengan masalahnya.

Demikian artikel mengenai tips menjadi teman curhat yang baik yang mungkin berguna untuk Anda.

Oleh: temancurhat.com

Bagikan Artikel Bermanfaat ini:
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]